GReifsWaLD

JaLaN JaLaN

Ini Greifswald Stadtmitte terlihat dr atas …. Greifswald … memorial City buat gw, gw ngabisin 2,5 tahun disana. Sampe AKHIRNYA lulus College.

Jatuh bangun, guling2, sedih, bahagia, gubrak, huru hara, gw lalui disana. kota tempat pembentukan mental buat gw. Maka itu gw kangen … walaupun kota yg amat sangat kecil … dusunnya orang2 jerman … tp ternyata banyak banget kenangan2 disana.

Ah yg pahit biarlah berlalu, tp yg bahagia tetap teringat selalu.

Yg merah itu gedung Rathaus sama tempat tourist Information, disana juga dijual kartu2 Pos khas Greifswald, kaos2, souvenir2, macem2 deh …

Gw sendiri sih gak pernah beli … waktu itu cuma sekali masuk situ, gara2 kesasar… gw kira gedung pos … abis warnanya sama2 merah.

Gedung merah Maroon yg besar itu adalah gedung Post & Post bank. Itu adalah salah satu gedung tua di Greifswald. Pintunya gede banget, dan berat abis. Didepan itu ada Telefonzelle ( telepon umum ). Gw pernah sekali nelpon disana, trus pas dah selesai nelpon, iseng masukin jari di tempat koin jatuh, eehhhh eng ing eng, gw nemu duit 1 Euro 20 Cent … lumayan bisa buat beli tiket bis, dr pada pegel2 jalan kaki.

Rejeki mang gak kemana … takkan lari gunung dikejar … maju terus pantang mundur .. Apa seh???

Ini adalah jalan yg pasti gw lewati kalo ke ke stadt mitte, yg pasti gw lalui kalo gw ke Deutsche bank, yg pasti gw lalui kalo gw mau ke H&M … disitu ada toko es krim …mmmhhh tp gak begitu enak. Nah … sebelum bangunan yg bercat ijo, ada jalan masuk kekiri … disana lah gw suka nyewa DVD di Stadt bibliohek … yg dendanya mahal banget kalo telat balikin pinjeman.

Di bangku yg ada difoto ini, berkali2 gw duduk disitu, abis capek … gw keseringan jalan kaki dr rumah, ketimbang naik bis …so, kaki pegel2 … mo duduk di kafe gak punya duit, yg duduklah ditengah jalan.


Ini juga salah satu tempat ngaso, letaknya deket rathaus, masih di sekitar markt juga. Dulu jaman masih muda …ya elah, kyk gw dah tua aja. Gw suka beli Doner Kebab, sekaleng Cola. Dan duduk disini. Sayang gw lupa moto italienische Restaurant, tempat gw beberapa kali mengenyangkan perut disana.


Ini namanya Der Fangenturm, bangunan ini salah satu bangunan tertua di Greifswald. konon menurut cerita sejarah, Greifswald itu satu2nya kota di jerman timur yg tidak rusak akibat pernag dunia kedua … so, jd banyak deh terdapat bangunan2 tua … termasuk gwdung universitas Greifswald.


Ini das Pommersche Landesmuseum. Yg gw herannya …gw gak tau itu isinya apa. Gak pernah masuk kedalem.. so …. gak ada penjelasan lebih lanjut tentang foto ini.

Yah ii sungai, tp airnya sedikit asin, kerna deket banget sama laut. Ikan2nya juga seperti ikan laut. Yg pasti disini gak ada ikan mas, atau ikan mujair kayak di Indonesia. Aduuhh gw jadi kangen ikan mas goreng dan sambel kecap bikinan almarhumah mama tercinta.
Disungai ini, orang2 bisa mancing ..kalo lagi sommer. Cuma kalo di Jerman, kita gak boleh asal dateng dan mancing gitu aja. Kalo mo mancing, terlebih dulu harus datang ke kantor polisi, mengurus surat2 izin memancing ( sumpah deh, kein Thema banget ) . Trus harus bayar pula supaya dapet surat ijin itu. Setelah itu baru deh boleh mancing.
Ohya dekat sungai ini juga, flat2 nya bagus2, semuanya bangunan baru, warna warni. Tapi miete perbulannya, busseeettt … mendingan gw tinggal di new york deh … Greifswald gitu loh.
Dusun gw juga lebih gede pada nih kota.

Di bagian lain, banyak yacht2 kecil milik para Greifswalder yg agak tajir dibanding guru2 studkoll. Pemandangannya juga keren.

Die Wieceker Bruecke, jembatan itu bisa dilipet, kalau ada perahu yg lewat .. lgsg kelipat. Tepat sebelah kanan dr jembatan itu ada restoran seafood lumayan gede dan mahal banget. Sebelahnya ada toko ikan, yg jual frische fisch dan gerauchte Fisch. Harganya jauh lbh murah dibanding di supermarket dan yg pasti lebih fresh. Gw selalu beli smoke tuna disitu, yg cuma 3 Euro sekilonya. Aduh jadi keinget dulu, gw pasti bikin sambel pake bawang ( pakein terasi, kalo lagi ada terasi ) dan nasi putih anget …. ahhhh rasanya masih terasa dilidah gw


Ini jembatan yg sama cuma diambil dr arah lain … disebelah tempat gw moto ada mobil penjual es krim, 50 cent … enak lumayan.
mmmhh Greifswald … kau selalu kurindu … Herr Kuschel, Frau Biermann, Fr. Lange, Schimpfsky, Walter & setan2 lainnya …. gimana pun gw kangen ….

Tp masa lalu takkan kembali lagi, tinggalah kenangan didalam hati. Apakah?

.
Advertisements

2 thoughts on “GReifsWaLD

  1. pertama, salam kenal dulu yak..numpang

    kedua, kasih komen deh..
    wah, kayakx asyik banget yak kotanya..kecil, teduh, tapi kayakx tetap kerasa kayak kota (ya iyyalah..orang di Eropa ini..hehehe).

    selama di sana banyak cerita ya pastinya…ada enak dan gak enaknya pasti ya..?, sy paling suka baca2 tulisan org Indo ttg pengalaman mreka pas di luar negeri, utamanya di Europe..oke deh..makasih udah dibiarin nitip komen yak..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s