LeBaRan RePoRT

MeSiR Dan BuDaYanYa

Kebayang deh …. lebaranan di Indonesia. Serunya makan Ketupat, Opor Ayam, Sambel Ati, Sayur Buncis, Pempek Palembang … Trus juga jalan2 silaturahmi ke keluarga2 dekat. Dulu waktu gw masih diJakarta, lebaran gw amat sangat seru, hari pertama past deh gw sekeluarga keliling kerumah sodara2.
Hari kedua lebaran baru deh sodara2 yg pada dateng kerumah. Suasana rame, nonton srimulat bareng, ketawa bareng, makan2 bareng … penuh cinta semangat kekeluargaan (ceilaaahhh…)

Suasana kayak gitu gak gw jumpai di Mesir sini. Yg ada begini ceritanya … Pagi2 sebelum sholat Ied laki gw dah nganter gw & Nadine ketempat Mertua. Dan pergilah mereka Sholat Ied, gw sendiri tinggal dirumah .. soalnya Nadine masih bobo’ pules banget. Setelah menunggu akhirnya kedua mertua gw dateng dr Mesjid. Celingak celinguk, laki gw mana yah? lgsg deh gw tanya ke mertua gw kemana laki gw, kok gak dateng2? dengan entengnya mertua gw yg cowok bilang “pergi sama temennya” …
Gw langsung membathin …hah??? …kutu kupret!!! kok mo pegi ma temen gak bilang2 gw dulu sih? lagian kan ni lebaran, mbok yah tinggal bersama keluarga. Lgsg deh gw telpon laki gw ‘hei..dimana loe???’ … dia bilang mo beli sesuatu trus dateng. Telpon lgsg gw putus tanpa ngomong apa2 lagi. SEBEL!!!!

Ya Sutra lah akhirnya gw bantuin mertua gw masak. Ternyata dia jg masak makanan standart … makanan yg biasa kita makan di hari bukan lebaran … ooo gitu toh, ternyata di Mesir sini gak ada makanan khas lebaranan …
So ini nih foto makanannya.

Oya pasti sodara2 sekalian bingung, kok taplak mejanya pake koran sih??? kere amat!!! Yah begitulah mertua gw, dia tralu sayang sama barang2 miliknya …
Gw juga bilang ke dia… knapa gak dipake taplaknya, dia bilang … “gak sayang, nanti kotor …tuh taplak 570 pound” (570pound=hampir sejuta rupiah)
Gubrak!!! Guling2 Kasur … kenapa dibeli gitu loooohhhh!!!!

Anyway setelah 3 jam diluar akhirnya laki gw dateng dgn membawa sekotak kue ditangannya …. semprul … seharian gw cemberutin aja tuh orang!!!
Ini nih kue2 yg dibeli laki gw … yg juga sbenernya selalu kita makan duhari selain lebaran.

Setelah duduk2, nonton srimulat berbahasa Arab yg buat gw sama sekali gak lucu itu *ya iyalah gw gak ngerti bahasanya* …akhirnya kakak ipar gw dateng dengan anaknya 2 biji yg kecil2(dia itu single parent) … loh loh … anak dia yg 2 biji lagi yg gede2 mana? dia bilang “Maen sama temen2nya” ….
Hah???? di hari fitri gini … kok malah maen sama temen2nya …bukannya malah kumpul sama keluarga … trus temen2nya juga gitu dong? *asli gw bingung banget*

Akhirnya kita makan2 lah …. ternyata biar bertaplak koran, makanannya tetep enak 😀

Nah ini puncak acaranya … laki gw akhirnya sadar dengan mulut gw yg dah monyong2 sedari dia dateng … akhirnya dia bilang ke gw … ‘umi!!!’ yg artinya ‘stand up please!!!’
Dia mo ajak gw & Nadine berkeliling2 … still ngambek, gw bilang ke dia … ‘tetep aja gw sebel … geh weg von mir’ yg artinya ‘jauh2 dr gw!!!’ …
Gw duduk di mobil dgn masih cemberut … laki gw ngajak ngiter di kota, gw liat buanyak buanget anak2 muda di jalanan semuanya pada dandan2 keren ( pd pake baju baru kali ye??? )…ada yg ber boil, ada yg jalan kaki… banyak buanget deh muda mudi … suasananya jd kayak pasar tanah abang gitu …
usut punya usut, akhirnya dgn terpaksa gw tanya laki gw *walopun masih sebel sama dia*… ‘kok hari ini rame banget sih? ada konser kah ato ada apa sih?’
Laki gw jawab, ‘normal, lebaran semua pada keluar rumah,jalan2 sama temen2’
Oooooo …. ternyata disini tuh gitu, anak2 muda …. dr umur 10-30 tahunan … kalo pas kebaran, justru gak kumpul sama keluarga mereka … tapi malah kumpul2 …ngeceng2 dijalanan sama temen2 mereka … Biasanya mereka kumpul2 mpe tengah malem … *bener2 budaya aneh buat gw* … yah mau apa lagi, tiap negara punya budaya masing2.
Akhirnya gw tau lah … dan ngerti aja … laki gw pagi2 tuh pergi ketemu temen2nya … yaahhh udah budayanya dia … yah gw pahami aja lah …

Gitu lah lebaran gw di tahun ini, moga tahun depan gak lebaranan disini …. amiiinnn Ya Rab Yang Maha Mendengar …
Akhir kata moga temen2 blogger gw yg lain lebarannya menyenangkan …

Advertisements

62 thoughts on “LeBaRan RePoRT

  1. Memang rasanya lebaran di Indo itu paling besar makna lebarannya. Ngumpul ma keluarga itu yg udah pasti!
    Mo diapain lagi Cha klo itu memang dah budaya mereka, kita hanya bisa beradaptasilah. Gitu juga disini, sama sekali gak kerasa!

    Jadi mertua beli taplak meja pe sejuta buat disimpen aja ya. Aneh emang. Padahal ada cara lain klo takut ketumpahan kuah, tarok plastik transparan yg tebel dan besar selebar taplak diatas taplak mejanya itu. Kayak kita di Indo kan gitu, pake taplak, trus pakein plastik transparan diatasnya.

    Makasih Cha ceritanya, jadi bisa tau adat istiadat dan budaya orang laen.

  2. lain padang lain belalang, lain lubuk lain ikannya…begitulah warna kehidupan, beragam dan beraneka…semoga kita semua bisa saling menghargai keragaman budaya, dan semoga lebaran 1429 H bisa kumpul ramean makan ketupat, opor, sambal goreng ati, gulai kambing, tumis buncis, dll dll ditanah air……salam
    thanks udah mampir kerumahku ya….

  3. wahhh di mesir jauh bangetTTT mbak…di sana dach berapa lama…

    pengeNNN bs rumah jauh kayak mbak,pastinya seneng bngt dunk….

    oya mbak minal aidin wal faidzin..maaf lahir batin

  4. He he he….. gw baru maklum deh baca postingan elo ttg lebaran disono…. tp ngomong2 keliatannya masakannya uenak n meriah tuh. Cuman emang rada bikin belekan ngeliat taplak made fr koran itu… ada2 aja tuh mertua… lo kasih dia taplak plastik dong, biar nti taplak meja ada gunanya. Nyang ada disimpen di lemari ber-taon2 dimakan ngengat lho….. he he he….

  5. aku td pengen nanyak juga, kok dialas koran hahaha..udah dijawab.

    kangen eh suasan lebaran di indo,apalagi ditempatku di riau. tahun depan mudik yuuukkk

  6. Wah, lain banget ya kebiasaan disana sama disini. Disini, lebaran itu momen spesial ketemu, ngumpul sama keluarga inti, keluarga besar dan beranjangsana ke tetangga terdekat. Mungkin disana pas hari-hari biasa malah jarang ngumpul dan ngeceng sama temen-temen kali yak?

    Tapi gpp Cha, tetep bisa jalan-jalan kan? Aku malah tepar di tempat tidur. Nyebelin deh.

    Btw, makanan di fotonya banyak bener dan kelihatannya enak. Hihihihi…

  7. wahwah. aku belum ngeh nih, icha nikah sama orang mesir yah? maaf baru kenal juga.
    oiya,thx atas info lebaran di KBRI nya. ketupat,opor ayam, telor pindang, sayur labu sudah kumakan dihari lebaran. hehehe reportnya juga udah ada di blog. jadi kalo mau tau lebaran(nya orang Indonesia) di belanda (den haag) kunjungi saja blog ku!! hehehe

  8. hah … 570pound??? terus ga dipakeeee??? niatnya waktu beli itu apa ya?

    setelah baca postingan ini baru ngeh kalo aku salah nebak. kemaren2 aku pikir yang punya blog tinggal di batam, ga taunya … jauuuh euy…

  9. Wuahahaha…sumpah saya ngakak baca ceritanya Buk!!!antara geli dan kasian ma nasib sampeyan…hehehe…berartu lebaran disana kayak taon baruan di sini kali ya??Saya kalo pas lebaran juga jadi yang paling capek serumah, lha dari pagi abis sholat Ied ampe sore buta menjelang magrib nyopir mobil keliling tempat sodara2, itu juga baru hari pertama… tapi ya gak apalah, namanya juga anak cowok sendiri…btw makanannya kayaknya mak nyus tuh…boleh juga kapan2 dikirim aslinya ke sini, dibungkus taplak satu jutanya juga gak nolak…met lebaran ya Buk…minalaidzin wal faidzin…

  10. Lebaran di Indo mah ga bisa ada yang ngalahin deh pokoknya!. Shalat ied, pulang langsung sungkeman, muter ke tempat tetangga, dapet salam tempel.

    Tapi saya nyesel banget ga shalat Ied, kesiangan. Bangun jam 8 trus ga ada yang bangunin!

  11. ya ampun! taplak mertua lo tuh bener2 kerrreeennn…!
    gw kira in td ga dibahas. gw dah gatel aje mo koment taplak…

    Btw kue yg di beli si kutu kupret *betapa mesra nya lo panggil laki lo itu… gyahahaaa… ups! sori, mister…!* keliatan nye kaga enak tuh… *hihi* emang nye kue apa-an siy? rasa nye pegimana?

    Oya, gw penasaran bgt ama srimulat made in mesir… kaya apa siy? apa ada si Tessy nya juga?

  12. wuaaah…..seru juga tuh mbak lebaran di mesir…emang sih ga ada yg bandingin serunya lebaran di kampung sendiri 🙂 tapi pengin juga sekali2 ngerasain lebaran di brg orang2 Arab asli kyk mbak:) Thx for sharing this wonderful story…

  13. hueheueheu, sumpe aku ngakak bacanya mbak….sabarrrr donggg….ama lakinya, hehehe, laki2 emang gitu, kadang kurang peka ama istrinya 🙂 tapi kayaknya emang budaya di mesir gitu mbak, so maklumin aja 🙂

  14. kasiannya mba icha, beda negara beda budaya..walaupun sebenarnya, sehabis sholat ied..,keluargalah yg utama, baru tetangga..teman buat kita masih bisa entar, betul gak mba ?

    yang sabar yach mba.,namanya juga hidup berumah tangga..,kita dapat satu paketkan !

  15. waaahh.. taplaknya hampir sejuta?? ckckckckk…. harusnya kan dipamerin bin dipajang tuhhh.. massa dibeli tapi cuman disimpen rapih sihh?? *wdooohh Ibu Mertua?? *guling2kpala* 😀

    ckckkckk… hari Lebaran dijadikan ajang ngeceng?? weleehhh weleehh yg ada2 aja siihh…. *kata BBM, di News DOtCom… “ayaayawae…:D”

  16. hehehe… Ofa jadi nyengir sendiri nie bacanya Cha 🙂

    Taplaknya koran boljug tuuu…. untung piringnya gak dilapisi kertas juga yak pas maemnya…qeqeqeee 🙂 just kidding honey…

    muuuuaaahhh…mmuuuaaahhh… buat lu ma Nadine yak say 🙂

  17. hihihi…udah ngambek seharian nggak taunya emang gitu toh adatnya, jalan-jalan keluar rumah. tapi lucu juga sih. lah diriku ini?? tiap lebaran terkungkung di rumah. soalnya emang di bandung gak ada sodara lagi, terus udah gitu mau ngapain coba? ya abis shalat ied, langsung bleekkk ke tempat tidur dan tidur, kalo gak baca novel dan komik.paling dapet jatah eskrim, hehehe….

    btw, met lebaran ya, eid mubarak. maaf lahir batin kalo ada salah2 kata, hikz..hikz…(nangis pake bawang bombay, eh bawang merah sumenep..itu tuh yang buat bawang goreng..spesial *duh jadi ngelantur*)

    salam sayang buat nadine, cup cup mmuah..hehehe

  18. lebaran2 jangan manyun gitu dong bu:p. Lucu juga ya kebiasaan orang sana kalo lebaran. Btw jangan2 taplaknya mau dibikin baju kali hihihihi

  19. Waaah lain ladang lain belalang ya? Lain negara lain pula adatnya ya?
    Makasih ya Cha dah berbagi cerita, jadi tahu gimana lebaran di sana.
    Hiks, pasti Icha rindu lebaran di Indonesia.

  20. Memang… beda budaya pasti berbeda memaknai lebarannya. Lebaran dikampung dimaknai dengan saling bersilahturami ke saudara kerabat maupun tetangga bahkan sekelurahan sekalipun kita tidak mengenalnya.

  21. Met Lebaran,

    Maklumin aja cha.. orang arab emang gitu beli barang buat disimpen, gak beda dg mertuaku, kadang aku suka “nyuri” make barang yang “harus” nya disimpen. Kalau dia ngomel aku tinggal bilang… kalau taun depan model barunya bakalan keluar, kalau gak dipake sekarang sayang;)
    btw critanya aku link di post terbaruku:)

  22. met lebaran ya mbak, hehehe.. mungkin lebaran paling meriah tu ya cuma di indo kali yaa…ada mudik, ada ketupat, ada sungkem2an ….. huff..tp kuenya terlihat enak tuh =p~

  23. wah, crita lebarannya bener2 menyentuh oiii….
    gpp Icha, banyak koq yg merindukan lebaran bersama sanak kluarga dan teman2 di Indonesia….(termasuk aku…:) )

  24. Wuah..baca postingan mba icha jd senyum2 sendiri nih.
    Ternyata begitu ya rasanya lebaran di negri orang ^^
    Suasananya bisa beda banget euy. Padahal saya mupeng loh mba awalnya yg bs lebaran di LN. hihi.

    Taplak ampe sejuta? Wajar sih ya ga dipake..tapi lebih wajar lg kalo dijual aja. haha. Mending dikasih hadiah taplak aja ke mertuanya mba. Yang lebih murah dan ga sayang dipake. hehe.

    Btw, mba icha br tahun ini ramadhan di mesir ya? Masih adaptasi kali ya mba..jadinya aga sedikit kurang comfort. ^^

  25. Ceritanya lucu dan seru…..memang adat kebiasaan berbeda-beda ya. Bagaimana nanti dengan Idul Adha? Katanya di wilayah Arab, yang paling ramai justru Idul Adha.

  26. tante… itu makanan sehari harinya?! kok kayaknya enak banget… sudah seperti makanan idul fitri kok… :p~

    trus silahturahminya gimana tan?

  27. lagi coba ungkapin yang ada di otak saya…jadi sering posting juga..walaupun kalimatnya & tatabahasany nggak karuan…..pd aja ah

  28. icha… duh mpe ketawa deh bacanya. Icha, saran nih ya… nti kalo pas mudik ke Jakarta, beliin mertua kamu taplak meja plastik ya di pasar jatinegara, tanah abang ato mangdu banyak tuh yang bagus2 motifnya…. jadi kan kalo ketumpahan kuah makanan bisa dicuci gitu…

    selamat lebaran dan mohon maaf lahir bathin

  29. heboh banget ya mbak lebarannya..he..
    btw..walopun taplaknya sangat sangat sederhana he, makanannya teteeep menggiurkan..:)

  30. mungkin lebarannya bukan ngumpul keluarga atau pergi bareng temen…
    tapi geger budayanya itu kali yang bikin lebarannya beda…

    doyan masak ya..
    bikin roti sobek aja disana…

    hehehe…

  31. Aslm mba Icha 🙂
    wah, nampaknya orang palembang juga ya? sama donk? kalo kangen sama pempek dateng aje kerumahku.. suplai mendekati tak terbatas 😀

  32. hahaha… ada daging ontanya ngga???? budaya di tiap wilayah mang beda-beda ya 😀 tapi yang penting kita sudah menang dari perjuangan menahan diri dari ambisi dan hawa nafsu kita… horeeeeee

    hehehe… aku dah datang tapi belum ngapdet ^_^, maaf lahir batin yaks..

  33. kan ada taplak plastik y..klo keluarga saya, ada buat meja makan ada taplak kain trus ditutupin taplak plastik biar kalo ada makanan atau minuman tumpah mudah bersihinnya..hehehe..hmm..enak sekale makanannya..

  34. asikk,,, tahun dean uda pulang,,
    jangan lupa oleh2nya ya 😀

    btw, met lebaran juga ya..

    liat foto2nya langsung cleguk *mupeng*

  35. hihihi..sabar sabar cha…tahun depan lebaran di indo dong…udah berpa lama gak balik?…maaf lahir bathin yah…sun sayang buat nadine

  36. maafin aku ya mba…mungkin selama ini banyak kata-kata yang gak berkenan dihati, jangan diambil pusing ya mbakku..lebur lebaran..
    dari adikmu yang ra muleh ndek malang…

  37. halo slm kenal…beda negara ya beda tradisi nya yah…tp klo masalah taplak, klo itu mama kita sendiri pasti kita lgs komplen yah…habis masa segitu sayangnya sm taplak..sampe gk bisa dinikmatin…hehe

  38. Wah ternyata lebaran di Tanah air masih lebih indah yah, walopun lebaran juga g kemana2 sih cuma masih kerasa Ied Mubaraknya lah.

    Sabar ya, mba ica….semoga taon depan dikasih rezeki ma Allah, biar suami mba ngerasain enaknya lebaran di Endonesiah

    Minal Aidin yah……….

  39. wong tuwo gede lupute,wong enom gede pangapurane.mugo-mugo ing bakdo riyadin iki dosaku lan dosamu iso kelebuh 🙂

  40. Met lebaran ya mbak;)
    Ya ampun mertuanya ngirit bener ya ama tapla meja, hari special pake alas koran,:)

  41. Taplak mejanya boleh koran, tapi makanannya teteup enak tuh kayaknya. Taplak meja kok mahal amat, jangan2 sudah beralih fungsi menjadi hiasan dinding.

  42. Lha, di Tw ada juga yg gitu mbak…
    Biarpun meja makan udah ada taplaknya, klo pas ada acara makan2, di atas taplak meja ya di gelar koran. Katanya sih, “agar taplaknya tidak kotor, klo ntar ga sengaja ada makanan yg terjatuh di meja makan.”
    ^_^

  43. Duh kok makanannya tampilannya rada aneh yah… itu makanan khas sana ato makanan indo?
    Eniwei, ga smua org bkesempatan lebaran di Mesir loh… 🙂 met lebaran yah.

  44. wahhh liputa lebarannya mantab dah, lucu juga ibu mertuanya yah, yiuk mampir di tempatku..ada jembatan ampera tuh 😉

  45. ya ampunnnnn chaa aku sampe nyengirrr sendiri baca report…

    ngapain beli taplak 1 jt yak klo g mau dipake…halahhh metua bener2 drhhh…ampuyinnnn…

    ternyata emang beda2 bangettt ya tiap negara….emang suasana lebaran di tanah air(Indonesia) g ada yang bisa nyaingin deh..makanya kita bela2in mudik hehhe..

    sun sayang ya buat Nadine…muach..g BT lagi kan..:D

  46. Hahaha
    Seneng banget baca cerita lebarannya…unik. Yah pengalaman hidup ya Cha..semoga Lebaran taun depan bisa ngerasain suasanya lebaran istimewa di tanah air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s