PaPyRus

MeSiR Dan BuDaYanYa

Semua orang pasti udah taulah … yg namanya dr Mesir, pasti kalo mau oleh2in orang yah ‘Papyrus’. Apa itu Papyrus? Papyrus itu kertas dr kayu *gak tau persisnya kayu apa* yg diatasnya gambar2 manusia jaman paraoh, yah fungsinya cuma sebagai pajangan dinding …
Di Mesir sendiri sih, jarang banget gw temuin papyrus dipajang didinding2 rumah. Contohnya mertua gw bilang *duh prasaan postingan gw ada mertua mulu* … Kalo gambar2 itu haram dipajang2 dirumah. Mertua gw lebih milih majang2 Kaligrafi, ato gambar2 Ka’bah dirumahnya.
Btw … Papyrus dibuat hand made loh, gambar2 & detailnya bener2 buatan tangan.
Harga Papyrus itu sendiri beragam2, selalin dilihat dr ukurannya, gede ato gak … kita juga bisa liat dr sentuhan lukisannya, halus ato gak.
Kalo di negara2 Eropa, harganya paling murah sekitar 10 Euro, itupun kadang2 Papyrus abal2 … Yg kalo di Mesir sini mah harganya murah banget.
Ini sekedar contoh2 Papyrus yg indah itu:


Papyrus CleoPatra
Ini khusus buat Novee.. secara loe pernah mesen gambar Cleopatra buat bikin baju.
Sorry banget, Gw tadinya pengen nitip ini sama Widya temen loe…sekalian Lentera pesenan loe juga. Tp asli deh nop, sini Cairo tuh 2,5 jam … gw bener2 gak punya orang yg mau nganterin, mo dateng sendiri gak di bolehin sama si “kutu” … ya sudah lah, disimpen aja yah buat lain waktu.


Papyrus NefaRtiti


Papyrus OriSiS

Advertisements

60 thoughts on “PaPyRus

  1. Oh itu toh yg namanya papyrus, lha saya juga baru tahu jeh mbak… wah mantab tuh buat oleh2 souvenir khas mesir.

  2. Disini Cha kalo ada exhibition tahunan (pesertanya dr seluruh dunia), ada stand dr Mesir-nya, mereka banyak jual Papyrus itu.
    Untung aku dah pernah liat, jadi tau apa sih Papyrus itu.

  3. waaah papyrusnya keren mbak:) souvenir asli mesir ya:) waah kapan ya kesana, keren nih kalo dipajang;)

  4. @vie:
    iyaya papyrus emang blom terkenal di indo… banyak yg belom tau.

    @Leni:
    ayo dateng kesini, jgn beli papyrys diluar, harganya bisa nglonjak mahal banget

    @aul:
    sedang dipikirkan kearah sana… doain aja 😛

  5. waduh bikin ngiler. bisa nitip ngga cha (brapa ongkos kirimnya ya?)

    nb: eh kapan2 posting poto mertua dong 😀

  6. @de:
    ntar deh kalo aku pulang tak bawain insya Allah..tapi ingetin yah …
    foto mertua???? hahahaha duh jadi malu

  7. Ha ha ha, gw dah punya tuh papyrus. Biar gw blom pernah ke Mesir, wkt itu ada pameran di Indonesia yg jual barang2 khas Mesir. Gw beli 3 bh n gw dah pajang di ruang musik gw. Klo gak salah Nefertiti, trus yg gambar cowok2 sama apa ya (lupa….. males naek keatas, tu ruang musik jarang gw liat klo gak perlu2 amat).. he he he….

  8. Gue dah punya lo Cha, 3 papyrus n gw dah pajang di ruang musik. Belinya waktu ada pameran barang2 dari Mesir di Indonesia. He he he, jadi di Mesir jarang dipajang di dinding, mereka buat khusus buat di export ke luar negeri ya….

  9. hihihi, iya mbak.. posting foto mertua duong…

    btw, bisa tu mbak dijadiin ladang usaha. bisnis impor papyrus… ikutan ntar ya… hihihi…

  10. papyrus keren2 ya, aku jg pernah di tawarin ama temen yang lagi ngrantau di mesir sono. cukup murah juga, n unik 😀

  11. oo..jadi itu toh papyrus..di sby ada yg nama nya papyrus loh tapi distro pakaian..hehehe..cempluk juga udah link..

  12. Icha…keknya baru taon ini lebaran si Mesir yah?…keknya kaget sama adatnya mertua nih! hehehe

    Mo nanya, klo kita ambil template dr FinalSense itu,trus mo add SB n Link2 dah kt buat gmn caranya?

    Thanks yah!…slm buat Nadine

  13. papyrus itu dari kayu ya? kirain sebangsa daun lontar 😦 Emang pohonnya banyak numbuh di sana ya? Pernah liat pohonnya Mbak?

  14. klo di pajang di rumah saya kira2 bagus ngg’ ya….skalian di depan pintu masuk rumah, saya pajang mumi beneran….

  15. Sulu waktu smp, pas lagi pelajaran sejarah ttg Mesir. Pak Guru bawain Papyrus buat ditunjukin ke murid2. Bahannya tipis gitu. Trus gambarnya kalo disentuh warnanya nempel di jari 😀

  16. Hallo Nadine’s Mom :p

    ooo begitu ya??..Iza baru tahuu. Waktu baca judul ku kira cerita tentang daun loh, rupa-rupanya tentang cenderahati… hehe

    Selama ini yg iza tahu cuma papyrus itu adalah sejenis daun (juga dikenali sbgai daun lontar)..waktu mesir kuno daun papyrus digunakan sebagai kertas untuk menulis dan melukis…malah kata “paper” juga berasal dari kata “papyruS”

    Thanks for the info…

  17. BOleh juga nih, Papyrus cantik souvenir Mesir yang mendunia itu bisa saya pesan satu… Eh, tapi ini pesanan anak betawi (NOVEE) yaa. Wah kalau gitu, saya minta sama Neng Novee aja deh… boleh gak kNop… ??? 🙂

  18. saya juga dilema jadi mahasiswa seni, kalo bikin gambar makhluk hidup suka kepikiran haram atau nggak…
    apalagi gambar dewa-dewa mesir…

    eh, saya boleh link blognya ya…

  19. gyahahaaaa… ada yg mo minta ama gw! padahal gw aja blom dapet…

    eh Cha, si Cleo itu baju kebawah nya gimana? lo gambar nye cuman sepotong geto…

    btw gw br tau kalo pala nye si Cleo itu burung, gw pikir uler…

    oiye… kl papyrus gw pasti ga bisa pasang Cha, gw ga demen lukisan2 idup, gw lebih suka kaligrafi… mmmm gimana kl ganti dg asesoris nye Cleopatra aja? trutama yg di pala nye itu lho… gw penasaran banget n pengen punya. ada yg jual ga siy… *kekekekkk masih aja urusan dia-dia juga…*

  20. mauuu dong jeeeeengggg :D, atau lebih baik ngundang aku datang ke sono ye…

    salam lebaran ya, mohon maaf lahir batin. panggil namaku biar aku nyampe ke sono kapan2 ya…:)

  21. Selalu menyebut “mertua”, berarti = tiada hari tanpa mertua.

    Ada apa enggak Papyrus yang berupa komik, maksudku yang ada jalan ceritanya ?

  22. cakep ya, cha. mau donk satu…

    kenapa kok haram ? karena gambar patung ya ? perasaan khan cuma gambar,bukan patung ya…tauk ah gelap

  23. *sambil membawa spanduk2 protes* :

    Lengserkan foto2 lain!!lengserkan foto2 lain! ganti dengan foto mertua!! ganti dengan foto mertua!!
    Posting foto mertua!! posting foto mertua!! posting foto mertua!! turunkan harga mertua!!

  24. Dulu Cleopatra pernah ngajakin saya selinhkuh lho..heuheuheu…

    btw.. kalau di papyrusnya koq cleopatra na ngga cantik yach ?

  25. bagus banget tuh cha…ntar kalau lo mudik lempar ke gw satu yah…hehehehe…mupeng dot com…btw sadis lu bilang laki lu kutu”kumpret”..wakakkakak…kabuuuuurrrrrrrrrr

  26. gambarnya bagus2 loh mba..,jadi pengen…!!
    btw kemaren ada teman baru pulang ziarah trus bawa seperti itu juga tapi gambarnya bunga mba….
    dah saya kasih bingkai dan pajang di kamar..

  27. koq koment gw gak masuk cha……..huwaaaaaaaaaaaaaa…nangis nih gue…duh kapan lo mudik yah?…kan gue bisa kelemparan tuh souvenir…gubrak…*ngarep dot com

  28. papyrus itu bukannya nama pohon yah? makanya papyrus dikasi nama papyrus karena bahan baku utamanya kulit pohon papyrus itu.

  29. ngitung2 harganya, ternyata mahal ya papirusnya. apalagi kalo ongkos transportnya diitung juga, hehe…

  30. Bagus2 ya, papyrusnya…iparku dulu pernah juga liburan ke Alessandria, pulang2 bawa gambar Nefertiti.

  31. lho.. mbak icha mank lg jln2 ke mesir?

    waah.. baru tau papyrus tuh kyk gitu.. kukira papyrus tuh kertas buat nulis gitu.. tak tahu kalo itu ada gambar2 orgnya.. -___-a

  32. jadi inget game di komputer dulu .. (lupa namanya), kita disuruh tanam papyrus oleh fir`aun :))

  33. lukisan di papyrus itu indah banget ya, aku langsung jatuh hati melihatnya, langsung pengen ngoleksi githu :P, anyway thanks Icha untuk semua gambar2 papyrus nya

  34. waahh bagus juga yaa Mbak… saya juga mau dunkz,, dapet oleh2 Papyrus dari Mesir *hueekk… enak aja Di, request :p* hehhehh…

    *Mbak Icha: stiap postingannya ada crita soal mertua, artinya mbak Icha sayang bangett ma mertua dunkz 😀

  35. aku pengen pergi ke mesir suatu saat nanti. terus kita bisa kopdar gitu. papyrusnya bagus banget. mau dong! 😉

  36. hmmmm… boleh juga idenya masang poto mertua. halah… prasaan postingan tentang papyrus deh kok jadi foto mertua ya….

  37. Aku cuma tau bendanya tapi ga tau apa namanya mba. Ow..jadi namanya papyrus toh. *kampungan bgt sih i :p*

    Pernah liat di rumah temen, dan langsung mupeng gt. hehe. abis kayaknya tuh unik bgt ya mba.

  38. aku pernah dikirim papyrus pembatas buku sama mantan pacar *ohix..* yang emang asli Mesir. Sampe sekarang masih ada. Bagus banget lho… (btw, mbak belum isi linker aku yaaa..isi dong! hehehe..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s