At TiiN

seRba seRbi


Ayo sapa yang tau buah apa yg ada di foto ini????? Gw rasa banyak temen2 di Indonesia yg belom tau tentang keberadaan buah ini.
Gw juga tau buah ini pas udah dateng ke Mesir ini.
Sebagai seorang Muslim, kita pasti taulah ada sebuah ayat yg berjudul At-Tiin.
Trus apa hubungannya dgn buah ini???? Yah ini lah buah Tiin yg tertulis di AlQur’an itu.


Buah Tiin ini rasanya manis … Nadine suka banget makan buah ini. Tapi kalo lagi apes, kadang2 gw beli buah Tiin yg rasanya hambar.Gak manis, gak asem, gak pait, aneh degh…gak ada rasanya. Nah kalo dapet Tiin yg gak ada rasanya gitu, langsung gw oper tuh Tiin ke mertua gw. Biasanya tu buah diolah jadi selai Tiin sama mertua gw. Mertua gw paling top dah yg namanya buat selai, dr mulai selai Tiin, selai orange, selai strawberry, selai pisang … Gw paling suka selai pisang produksi ibu mertua gw.

Oya gw juga gak tau kenapa Indonesia gak impor buah ini, padahal buah ini sehat banget loch, amat kaya dgn vitamin C.
Di Malaysia orang2 bisa nemuin buah Tiin … tapi dah dikeringin … kalo mo liat penampakan Tiin yg dah kering bisa liat di blognya Iza, klik aja disini

Advertisements

56 thoughts on “At TiiN

  1. mungkin karena kurang populer di Indonesia sehingga buah ini gak begitu banyak peminat… kalau kurma sudah pasti ngetop markotop 😀

  2. شاركنا الشعب الأمريكى أحزانه على ضحاياه فى ذكريات سبتمبر/أيلول الأليمة

    لكن دعونا نُذّكر العالم بالجرائم الأمريكية التى أرتكبتها الولايات المتحدة ضد أبرياء وأطفال ومدنين

    شارك وأدعم فكرة تخصيص يوم 30 أكتوبر يوما للجرائم الأمريكية

    أحمد الصباغ

  3. kok mirip buah kecapi ya. 🙂
    asyik nian di mesir. pasti menyenangkan bisa minum susu segar onta. 🙂

    terimakasih ya advicenya. ohya ahmed ngomong apa tuh 🙂

  4. mertuaaaa aja terus, keknya tiap posting musti ada mertua

  5. Cha, itu buah “fig” bah. inggrisnya.
    Aku dah cek diblog Iza, banyak bijinya. Disini juga banyak dijual yg mentah dan keringnya.
    Tamara paling suka itu.
    Makanya aku berenti beli ini, gak tau milihnya gimana, karena aku sering apes, tiap beli rasanya datar.

    Gimana sih rasa selai pisang? Sama gak rasanya dengan pisang? Kidding…

  6. Thanks Icha ^.^ dah tunjukkan tin versi segar.

    Yang ada disini semua kering. Kalau yang bentuknya masih utuh, saiznya lebih kecil. Belinya ditimbang 200gram,500gram

    Kalau yang saiz besar ky yg Icha pegang itu, udah dipadatkan (dipenyet lebih tepat kynya hehe) disusun dalam kotak. So kita beli per kotak.

    Tapi Iza lebih suka yang pertama, yang kedua rasanya agak berbeza.

  7. gimana kalo mba icha aja yang jadi impotirnya, kirim ke Indonesia, trus nopi yang masarin di Indonesia, saya yang beli…hueheheee..
    btw rasanya kayak apa yach ?

  8. weit…..tunggu dulu !
    kata siapa di indonesia gak ada At-Tin ? Ada kok, gak percaya….coba lewat ke jalan taman mini raya…
    sebelum masuk pintu utama taman mini, ada tuh At-tin ! gweeedeee bgt !!!

    *sambil nunjuk2 mesjid At-Tin*

  9. lihat buah yang kering di blog sebelah itu, dalemnya kok kaya ada wijennya ya? hmm kalo yang ijo itu apa sudah mateng? siap makan gitu?
    Deuh yang pingin tempoyak? bisa bikin sendiri kan di sana?

  10. Oalah Cha, ada yg komen pake huruf Arab tuh… hi hi…. iya neh, penasaran pengen cobain buah Tin

  11. ga menarik gituh Cha, dilihat dari penampakannya… secara gw emang ga pernah makan buah, jadi ya ga ketarik, hehe…

  12. Jujur….baru tahu sekarang nama dan bentuk buah Tiin.
    Jadi enggak perlu beli selai dong ya, abis punya mertua pakar selai 🙂

  13. gw lebih tertarik selai pisang nya…
    salam ya buat mertua lo *biar kl lo pulang dia nitip selai pisang yg lo bilang enak itu…*

  14. kayak jambu air tuh…dan jambu air juga kadang ada yg hambar gitukan…gak usah deh impor buah ini Cha….ngurusin buah asli Indonesia aja yg baik..

  15. pernah nyobain yang udah kering…dapet dari saudara yang pulang dari mekah…satu juga gak abia..rasanya agak aneh…mungkin lidah gw yang kampungan…doyannya ama buah kampung..contohnya buah kecapi…heheheh…

  16. rata2 komennya pada bilang ” ooo itu toh buah tin”.
    Kl saya sih udah pasti..
    Sammmmmmaaa..he..
    hmmm, kl balik ke indo ditunggu oleh2 buah tinnya ya mbak..he..

  17. wattiini wazzaitun 🙂

    pasangan buah tiin tuh buah buah zaitun ya mba? berarti ntar posting ttg buah zaitu yaa.. 🙂

  18. wah boleh dong diimpor ke bangsari.
    eniwe BFB (bloggers for bangsari sedang bikin project mba, mau partisipasi? 🙂

  19. huaaaa… baru tau nie buah yang masie seger gitu yak???
    Biasa Ofa makan yang dah diolah, itu juga kalo’ ada yang pulang haji… hehehee 🙂

  20. Mbak Icha..icha di dinding, diam-diam merayap..ada seekor nyamuuuuuuuuuuk…haaaaaap..^_^

    Mau duuuuuuuuuuuiiiiiiiiiit doooooong 😀

  21. Haduuhh liat gambarnya aja udah ngiler giniii..kayaknya enak tuh, rada2 banyak airnya gitu yah..

  22. Wah..pengen ngeliat langsung d mba chaa..plus pengen nyobain..penasaran sama penjabaran mba cha soal rasanya..hehe.

    dibikin selai? waduh..saya smakin penasaran..

  23. dan menurut penilitian buah tiin ini bagus buah kesehatan loh, karena ngandung serat (dietary fiber)yang sangat tinggi yang berfungsi sbg pembersih racun dalam tubuh juga mencegah kanker.

    tiin baru bener2 terasa enaknya kalau udah tua usianya, juga bisa dijadikan juice, dan campuran pudding.

  24. Please!

    Send an email to the Brazil embassj in your country and report the injustice that the brazilian courts are making with this girl.

    The resignation is to stop the evolution. (David Santos in times without end)

    Thank you

  25. Lha itu cara makannya gimana Budhe?? di makan sekaligus semuanya, atao dikupas dulu?? kalo dirujak enak gak? dilotis?? itu temennya si zitun ya?? kan di surat At-tiin bunyinya Wattinniwazitunii … mbok saya dikirimi, serius ni…pengen makan buah yang ada di Al Alquran e…

  26. Sebenarnya di Indonesia sudah ada :). yang aku tahu di Jakarta n surabaya. bahkan di rumahku sudah ada 3 pohon he..he..he. buah ara hijau, ara ungu dan ara kuning. Lagi nunggu buahnya masak nih..

  27. waa….itu “FIG” namanya, di rumah tetangga ada 2 pohon…buahnya banyak…ada yg warna hijau dan ada yg kuning kecoklatan…hehehe rasanya aneh aja benyek….tapi klo udah dikeringin enak, manis seh..
    banyak disini…

  28. Oh gitu toch bentuknya. Makasih loh udah ngasi sedikit pengetahuan pada diriku ini.. Hihihi.. Jadi ngidam pengen makan.. Buah khuldi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s