Sekolah di Doha, Qatar

Nadine Mohamed Ateya, PeRjaLanaN HiDuP, QataR, sekolah Qatar

Mencari sekolah adalah sebuah dilemma bagi orang tua. Tidak mudah menurutku untuk menentukan sekolah yang tepat untuk buah hati. Semua orang tua pastinya ingin bisa menitipkan anak2nya di sekolah2 terbaik yang tersedia.

Untuk expatriat2 yang bermukim di Doha, mau tidak mau sekolah2 international lah incarannya. Karena tidak mungkin untuk menyekolahkan anak di sekolah negeri. Sekolah negeri di Qatar hanya diperuntukan untuk tuan rumah atau anak2 expatriat yang orang tua nya bekerja di pemerintahan di Qatar

Untuk dapat masuk di sekolah2 International pun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi untuk kami, yang bekerja di sebuah perusahaan yg tidak memberi fasilitas untuk sekolah anak

Biaya hidup di Qatar bisa dibilang cukup tinggi, dari mulai sewa rumah, makan, dan begitu pula dengan fees untuk sekolah. Biaya sekolah per tahunnya, untuk KG dan primary 1-3 dimulai dr QR 18.500-QR45.000 per tahunnya. Dengan rate US$ 1=  QR 3,6.

Hitung sendiri yaaah. Hehehe. Aku ga mau di rate ke Rupiah, karena nominalnya jadi menakutkan :D. itupun belum termasuk buku2, seragam sekolah dan antar jemput

Sejauh ini, hanya 3 sekolah yang kena dihati. Tidak hanya harganya yg sesuai budget, tetapi juga sistemnya yang menjanjikan

 1The Cambridge School Doha

http://cisgqatar.com

Sekolah ini  incaran kami paling utama, karena Cambridge dan ijazah2nya sudah tidak diragukan lagi. Akan sangat berguna jika kami suatu saat harus pindah ke negara lain, selain itu juga karena sekolah ini menyediakan sekolah khusus untuk perempuan. Berhubung dengan banyaknya expatriate dari berbagai penjuru, kami lebih senang dan merasa aman, jika anak perempuan kami bisa sekolah dilingkungan yang hanya dari jenisnya

2Al Arqam Academy Doha

http://alarqamacademy.com

Sekolah ini juga sama dengan Cambridge school. Karena ujian2 nya serta ijazah nya juga di keluarkan dan terakreditasi dari Cambridge International Examinations (CIE) . Kelebihannya dari Cambridge school, sekolah ini juga menggalakkan pendidikan Islam kepada murid2nya. Tahfidz Qur’an juga menjadi kurikulum di sekolah ini.

3Compas International School Doha

http://cisdoha.org

Sekolah ini juga sama dengan kedua sekolah diatas, yaitu terakreditasi oleh Cambridge International Examination (CIE).

Semua sekolah di Doha mewajibkan placement test sebelum menerima murid.  Dengan biaya test minimal QR 400 (Untuk Cambridge School). Jadi saat2 hunting sekolah, para orang tua harus siap2 merogoh kocek, untuk biaya2 test masuk.

Sebenarnya masih banyak international school lain. Seperti American School doha. Yang school fee nya membuat mata ku melotot … hehehe .. mending ke amrik sekalian deh, drpd nyekolahin anak disitu.

Tapi yah …. Keputusan ditangan masing2 😀

Untuk yang mau hijrah ke Qatar, jangan lupa dipastikan dulu dgn perusahaan tempat bekerja. Apakah mendapat tunjangan pendidikan untuk anak? Karena kalau tidak, apalagi yg mempunyai anak lebih satu. Siap2 gigit jari. Karena bisa saja gaji nyangkul anda hanya habis untuk biaya sekolah anak

 

 

 

 

Advertisements

24 thoughts on “Sekolah di Doha, Qatar

  1. @mama calvin: siapa namanya mbak??? emang banyak banget orang indonesia disini .. kalau dikumpulin bisa bikin partai baru. hehehe

  2. Waaah sama aja susah nya mencari sekolah untuk si buah hati, dimana2 orang tua mencari tempat sekolah yang baik dan bagus untuk Anaknya,Jangan di Qotar di Jakarta juga, karena sekolah bagus pasti harga pasti mahal karena kurikulum juga akan beda dengan sekolah pada umumnya.

  3. Convert ke IDR or $ dong angka2 diatas, jadi bs dikira-kira nyiapin duit seberapa kalo mau bawa anak istri ke Qatar.

    *bukan buwat daku tapi buat pembaca lain yg mau boyongan keluarganya ke Qatar :p

    ps: balik lg dong ke post weton 😀

  4. memang benar, setahu saya paling negeri sendiri>>
    karena saya belum pernah ke negeri tetangga, itu sajaLah pendapatKu..
    hehehee…
    🙂

  5. emm.. pengen jalan2 aja sih ke Qatar.. bukan sekolahnya. ah, jadi inget si buku Note from Qatar dari M. Assad.. 🙂

  6. wow .. ckckck mahil amiir .. tapi sepadan dg salary minimum disana juga kali yaa … Smg dapat sekolahan yg bagus yaa … yg nyaman dan benar2 bs meningkatkan skill anak

  7. banyak banget orang indonesia disana????
    wuiiih….
    pasti nanti ada kampung indonesia disana ya Mbak
    hehhee becanda

  8. Salam kenal mbak,
    Akhir2 ini Sy lg sibuk gugling yg berbau living in qatar for indonesian. Kebetulan suami dpt job offer d shell qatar Tp blm tau dpt faslts pndkkn gratis Ato ga. Yg Sy dgr sih dpt.mgkn mba pubya info utk shell qatar dpt fslts sklhnya dmn ya?lalu kl Nadine sendiri sblm placement test udh Jago englishnya Ato gmn ya?soalnya Sy punya anak 6yo nih kl emg jd boyongan Brati kudu dileain English dl kali ya.mba icha suaminya kja dmn?skrg mba sekluarga tglnya dmn?sori mba kl ptanyaanya beruntun ya 😀 thanks for sharing…

  9. Salam kenal juga mba, biasanya kalau education allowance for children, perusahaan tdk menentukan dimana. Hanya diberikan sejumlah amount dan ortu yg mencarikan sekolah anak sesuai dengan pertimbangan ortu masing2. Kalau soal bahasa, no worries mba, anak2 itu seperti sponge otaknya, mereka itu makhluk yg paling cepat beradaptasi dengan lingkungannya inshaAllah. Sukses yaaah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s