Mengenal Qatar

BeRiTa FoTo, QataR

Mari kita sedikit mengenal Qatar.

Saat mudik atau hanya sekedar sedang YMan dengan teman atau saudara, pasti ada saja pertanyaan yang dilontarkan tentang Qatar.

Tidak sedikit yang bertanya, Qatar itu letaknya dimana siy? Enak ga siy tinggal disana? Katanya disana panas yah? bla bla bla

So .. aku coba ulas aja sedikit tentang Qatar disini.

Qatar adalah sebuah negara kecil namun semakin hari pamor nya semakin tinggi dimata dunia. Dengan Doha sebagai ibukota negara.Terletak di peninsula Jazirah Arab, berbatasan dengan Arab Saudi dan Teluk Persia. 

Luas Qatar keseluruhan sekitar 11.437 km2. Dengar2 kota Bandung itu lebih besar dari negara Qatar keseluruhan. Huah, harusnya negara kita jauh lebih kaya yah dari negara ini. Tapi … au ah capek deeeh …  ngebahas Indonesia mah ga ada habisnya *gigit jari & nyengir kuda*

Sheikh Hamad bin Khalifa Al-Thani adalah Emir atau Raja yang saat ini memegang kekuasaan di Qatar.

Qatar terkenal sebagai negara kaya minyak dan gas bumi. Menurut koran Gulf Times, simpanan minyak negara ini diperkirakan sebesar 15 milyar barel, dan memiliki kandungan gas mencapai 16% kandungan gas dunia, Qatar menjadi urutan nomor 2 terbanyak setelah Rusia.

Negara ini mempunyai iklim yang sangat unik.

Mungkin bisa dibilang negara dengan 2 musim. Musim dingin dan musim panas.

Musim dingin berlangsung dari bulan November s/d April. Temperatur terendah bisa mencapai 4 derajat Celcius. Dingin, sejuk, berangin, terkadang disertai rintik hujan. Tetapi tidak sampai turun salju.

Nah … saat musim panas niy yang kacau. Musim panas mulai datang dari bulan Mai s/d Oktober. Suhu tertinggi bisa mencapai 55 derajat Celcius!!!! Penggunaan AC 24 jam nonstop. Rasa panas sungguh suit tuk dijelaskan dengan kata2. Saat2 dimana air yang mengucur dikeran mampu membakar kulit. Ibarat air mendidih untuk menyeduh secangkir teh.

Sungguh mungkin itu bagian dari hawa neraka. Jujur, menurutku musim panas disini adalah saat2 yang tepat bagi manusia untuk lebih bisa bertobat.

Mungkin saat panas begini banyak orang diluar sana yang bergumam dalam hati: “Astagfirullah panasnya, ya Allah gimana panasnya api neraka? Jauhkan lah kami dari nerakaMu” …. Hehehe *Lebay deh ..*

Itu dulu aja deh infonya tentang Qatar, kapan2 dilanjutin lagi.

 

Advertisements

31 thoughts on “Mengenal Qatar

  1. subhanallah begitu ekstrim ya perbedaan suhu di sana antara musim dingin dan musim panas.
    Alhamdulillah saya tinggal di Indonesia.
    Tapi kenyataannya mereka (orang – orang di sana) mampu bertahan. tentu mereka punya kelebihan di banding prang Indonesia

  2. janji lho Cha..dilanjutin lagi ya ceritanya.. 🙂
    pantesan temenku semangat banget kalo pulang ke Ina bulan Juli ini.. lagi summer toh?

  3. Waduw..saya bisa hidup gak ya dengan iklim seperti itu? 😀
    Di Jayapura aja suhunya 32 derajat celcius udah gak sanggup, apalagi sampai 55 derajat celcius 😀
    Indah ya kotanya, keren banget gedung2 pencakar langitnya 🙂

  4. Waduh, sekarang pasti sudah masuk musim panas…kebayang deh gimana gerahnya 😉

    Informasi tentang Qatar membuat wawasan saya bertambah deh, bukan sekedar tahu kalo maskapai penerbangannya itu Qatar Airways…hehe, thanks banget!

    Ditunggu kelanjutan ceritanya ya…

  5. negara nya lebih kecil dari Banding tapi kemakmuran warganya melebihi Indonesia… :mrgreen:
    salam kenal, terimakasih sudah berkunjung ke gubug saya

  6. Qatar negara yang maju ya…oiya tolong dishare foto sirkuit yg biasa dipake untuk F1 & motogp itu…keren banget kyknya.

  7. Hmm bisa membayangkannya saya, karena 2 tahun berapa di KSA….dan pernah mengalami panas yang 50 derajat celcius…hmmm dari kran aja airnya dah panas banget..tanpa kita aktifkan pemanas airnya…negara kaya minyak yah mbak icha…:)
    ayo cerita tentang tempat tempat yang indah di qatar mbak icha…

  8. wah enak yah bisa kerja di qatar… pengen juga kesana, tapi gak tau bidang yang bisa dikerjain apaan.. karir musik klasik disana bagus gak ya? 😀

  9. wow…udah berapa lama di qatar nih? saya juga ada teman kuliah yg sudah berkeluarga bekerja di sana (suaminya yg kerja)

  10. mestinya orang Indonesia ini bersyukur yho mbak pas musim hujan gitu….kalo baca tulisane smpyn kok musim panasnya kayaknya mengerikan gitu …

  11. waah,, tinggu cerita selanjutnya tentang Qatar yak! Tapi mikir negara sekecil itu tapi banyak bangunan terbesar dan tertinggi hebat ya Qatar..
    Dan gak ngebayain pas piala dunia nanti yang bertepatan dengan musim panas. Gilak, pesepakbola yang biasanya maen di cuaca dingin gimana mau lari di udara sepanas itu :O

  12. Hi Icha salam kenal, makasi update & cerita2nya tentang Qatar. OMG sampe 55 derajat??? *meleleh deh* Jadi sekarang sudah mulai panas banget ya? Beberapa taun yang lalu kita juga sempet tinggal di tempat yang ekstrim cuacanya, sampai 37 derajat celcius…. tapi minus. saat winter. Di Inner Mongolia, China.

    Niweys, salam kenal ya 😀
    ** http://www.hopscotchbaby.com **

  13. apaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…………… luasan bandung????????????? koq malah kaya qatar ya hahahahahahahhaa…… enak ya klo panas gt airnya pas pagi ga ush dingin2 mandi hahahahahaha

    salam persahabatan selalu dr MENONE

  14. ya iyalah… secara Qatar hanya fokus mengelola negaranya yang hanya tak lebih luas dari Bandung. Bandingkan dengan luas negara Indonesia yang berkali kali lipat dari Qatar. Ibaratnya seseorang yang punya anak 15 dengan seseorang lain yang punya anak 1, seseorang yang punya anak 1 akan lebih fokus dalam mengurus anaknya 🙂 so, jangan berkecil hati, mari kita bangun Indonesia !

  15. Mbak icha MOHon maaf lahir dan batin yah..mumpung masih syawal..
    hayo mana mbak postingannya …lagi repot yah..mudik ke ina nggak kemarin lebaran..
    semoga senantiasa sehat dan bahagia bersama keluarga 🙂

  16. great,,, pengen tau serba serbi qatar dpt juga ya..ya mang ga gampang jd ex patriat..anak 3!!!woww what should i do if i live in Qatar next year!!!????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s