Tirai tipis antara hidup dan mati

CuRHat, PeRjaLanaN HiDuP, QataR, seRba seRbi

Bulan lalu, aku dan segenap karyawan divisi Mannai trading tempatku bekerja dikagetkan oleh berita meninggalnya seorang kepala divisi. Mr.Mike namanya. Dia berasal dari California USA. Padahal baru seminggu sebelum kematiannya, Mr. Mike berhasil menduduki posisi kepala divisi

Untuk seseorang yang sudah malang melintang di dunia karier, tentu saja posisi sebagai kepala divisi atau biasa disebut manager adalah sebuah posisi yang paling diimpikan. Lantas, hanya seminggu kemudian, ia meninggalkan posisi itu dengan pergi selamanya

***

Dan hari ini, aku yang sudah tiga hari ini dianjurkan dokter untuk bed rest total.  Karena menderita flu yang ga banget! Flu aneh yang menyerang tulang dan sendi,  benar-benar membuat badanku remuk serta linu tak berdaya. Dikagetkan oleh berita yang disampaikan melalui telepon dari salah satu kolegaku di kantor

“Good morning. How are you today Annisya?” kudengar suara Jumaina seorang Jordanian, yang selalu salah memanggil namaku yang seharusnya Annisa menjadi Annisya

“Alhamdulillah getting better, how are you Jumaina?” tanyaku yang sudah pasti berbasa-basi. Aku tau dia menelponku juga karena pasti ada sesuatu atau butuh sesuatu 😀 hihihi *suudzon aja jadi orang*

Selesai berbasa-basi, Jumaina menyampaikan berita itu. Bahwa Mr. Abdallah meninggal dunia pagi ini. DUAR!@#$%% … Aku yang memang sedang remuk redam tak enak badan, merasa semakin tertekan mendengar berita itu. Kok bisa? Sebulan yang lalu Mr. Mike meninggal setelah pengangkatannya menjadi kepala divisi. Dan digantikan oleh Mr. Abdallah. Dan baru seminggu yang lalu juga kami merayakan dilantiknya Mr. Abdallah sebagai ketua divisi menggantikan posisi almarhum Mr. Mike

Ckckck kok jadi terdengar rumit begini. Jika saat ini sedang bekerja di Indonesia, pastinya pegawai setempat sudah berpikiran yang tidak-tidak. Seperti biasa, orang Indonesia masih suka membahas sesuatu yang berbau mistik. Bisa jadi kematiannya itu karena dijadika tumbal, atau bla bla bla. Tapi sungguh, kematian boss besar secara berturut-turut dan tanpa sakit atau kecelakaan ini sunggu menguras logika yang tidak bisa berjalan sejajar dengan kenyataan

Masih kuingat seminggu yang lalu, dimana Mr. Abdallah begitu terlihat sumringah dan semakin parlente dengan mobil barunya. Porsche Panamera 4S. Yang bagiku hanya sebatas khayalan bisa membelinya

Lalu…

Lantas…

Aku termenung beberapa menit. Lalu dan lantas apa tujuan hidup ini sebenarnya? Berkarier? Mengejar karier setinggi mungkin? Atau berdarah-darah menumpuk harta, koleksi emas melimpah, rekening yang gemuk.  Dan lalu, bila semuanya sudah di tangan, akhirnya is DEAD! Bulu romaku bergidik

Aku dapat terbilang seorang pekerja yang workaholic, begitu juga suamiku. Tak jarang sampai di rumah peluh, lelah raga serta pikiran yang sudah sangat terkuras di kantor menjadi kehampaan harmonisnya rumah tangga. Si kecil yang semata wayang ,sering kali merengek ingin diajak bermain. Namun tak jarang aku dan suami membiarkannya begitu saja, demi memanfaatkan sedikit waktu untuk berisitirahat di rumah

Kematian kepala divisi yang berturut-turut, akhirnya mampu menyadarkanku. Menjadi sebuah bahan perenungan dan pelajaran hidup yang sangat berarti. Bahwa karier itu bukan segalanya. Kedudukan, gaji yang besar, hidup mewah, semua itu tidak menjamin bahwa kita akan berumur panjang. Umur adalah rahasia Allah, dan tidak sepeser uangpun dapat membayar demi menunda waktu kematian kita

Namun bukan berarti meninggalkan kehidupan dunia, yang jelas-jelas kita harus memenuhi kebutuhan pokok yaitu sandang, pangan dan papan

Semoga kita bukan termasuk orang yang tamak pada harta benda yang fana. Dan selalu mengucap syukur Alhamdulillah untuk segala Nikmat yang sudah diberi oleh Nya. InsyaAllah hari ini dan kedepan, misi dan visi harus dapat diubah lagi. Dengan tidak mengedepankan hal-hal kebutuhan duniawi saja. Tapi juga mengumpulkan banyak bekal untuk akhirat nanti

Saatnya  mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian. Yang mungkin saja datang menjemput esok hari

Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada Nya aku bertawakal. Surat At Taubah : 129

 

ichaaweTM

Advertisements

6 thoughts on “Tirai tipis antara hidup dan mati

  1. Katanya sih flu yg nyerang tulang n sendi itu “chikunguya” cha, daku pernah kena wlw ga ngerasain itu nyeri sendi dan tulangnya. Syafakillah ya, smg sakitnya jd penghapus dosa2 kecil, amin… 🙂

    Good moral story anyway.

    Mantaaap, selalu jadi komentator pertamax.. apa kabar ul?? eht tapi chikunguya itukan katanya dari gigitan nyamuk. disini ga ada nyamuk 😀 .. kata dokter siy gara2 kena angin lembab yang masuk sampe ketulang. Masuk angin kali yah maksudnya? Tapi lumayan parah ini, aku keinget sama sodara yang meninggal gara2 kena angin duduk. huhuhu jadi parno 😀

  2. Alhamdulillah bi khair 🙂
    Selalu pertama ya karena feed blog ini langsung masuk ke reader, kl office hour mah reader ku standby terus 😀
    Eh beneran ga ada nyamuk? *brb packing ke Qatar 😀
    Angin duduk itu bukannya cuma istilah kan ya? Bisa dibilang serangan jantung dadakan toh itu?
    Btw masih sakit ya?

    alhamdulillah udah jauh lebih enakan ul, setelah maksa suami ngerokin. hehehe. susah dah body yang biasa dikerok. kalo ga dikerok belum cespleng sembuhnya :D. Iya disini ga ada nyamuk. Yang banyak tuh kecoa. ampun dah. Selalu siap obat pembasmi kecoa dirumah 😀

  3. kalau dengar2 berita kematian mendadak git mah suka serem ya

    semoga saat ini sudah lebih sehat ya Icha

    apa kabar mon?? dah lama ga bw ketempatmu :). Alhamdulillah udah baikan sekarang:)

  4. Emang maut gak bs ditebak yak mbak.. tapi kita juga gak bs melupakan dunia.. ya namanya juga keinginan manusia..

    yang penting jangan ngoyo. untuk memenuhi kebutuhan hidup itu wajib. bahkan kita disarankan untuk menjadi orang yang kaya. plus kayak bathin dan ilmu juga 🙂

  5. sebagai orang beriman tentunya harus siap dipanggil kapan pun… termasuk kita… jabatan dan prestasi di dunia hanya akan jadi kenang2an buat mereka yang hidup…

    siip, tetapi kenyataannya tidak semudah itu kan? coba bayangkan kita akan dipanggil sejam kemudian? apa yang akan kamu lakukan?

  6. halo mbak new reader nih. namanya sama kayak aku! aku mau pm ke mbak gimana caranya ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s