Jinak

Uncategorized

Sadar atau tidak disadari, atau mungkin bahkan banyak yang terbawa arus. Hidup di tengah manusia-manusia milenial itu rasanya jauh dari kata EMPATI. Tumbuh manusia-manusia muda yang rasanya jauh dari afektif dan kognitif. Entah budaya cuek yang sudah menjalar, atau Nalar dan Hati mereka memang tidak berkembang sesuai perkembangan usianya.

Memiliki bawahan Alenial (Anak Milenial), adalah suatu tantangan tersendiri bagi saya. Terlebih Alenial itu masih tergolong Ababil. Yang parah lagi jika punya bawahan yang sudah bukan tergolong Ababil alias Abege Tua tapi belum juga sampai di titik stabil. Alamaaaak … paniang kapalo ambo. 

Sebelumnya di tempat yang dulu, saya pernah sedikit gagal, atau lebih tepatnya membutuhkan waktu yang cukup lama memasang jaring. Agar si Abege Tua Labil yang sempat berkata kasar dan menunjukkan jarinya ke wajah saya berhasil saya sekap masuk ke dalam jaring. Beranjak dari situ, saya berpikir .. Bagaimana sih caranya menancapkan bendera ‘PENGARUH’ dengan lebih cepat?

Come to Mama, Baby …

2b80435c-0c5e-4332-a093-77aaa21fa369_169

Saya sangat memahami, kesenjangan kognitif yang menjadi pemicunya. Tetapi tanpa kecerdasan emosional, hal itu sulit dikembangkan. Karenanya saya selalu mengawalinya dengan membangun hubungan emosional dengan bawahan. Emosionalnya bukan yang bergenit-genit manja yah. Bahaya itu nanti..!!!

Suasana komunikasi yang harmonis menjadi salah satu kewajiban moral yang harus dihadirkan setiap harinya. Dengan diberi apresiasi dan antusiasme, mereka akan merasa dipercaya dan dihargai. *walaupun terkadang ini hanya sebatas rancangan strategi saya saja :D* Yang nantinya tanpa mereka sadari, rangsangan motivasi kerja dan profesionalisme telah terbangun dengan sangat baik. Setelah jinak, baru deh enak nyuruh-nyuruhnya. Just do it, because I say so .. Siap Bu, Siap Komandan … Hahaha.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s